RSS

11 Apr

Tak Ada yang Baru dalam Undang-Undang Pramuka

TEMPO Interaktif, Denpasar – Ketua Kwartir Nasional Pramuka Azrul Azwar mengatakan. tak ada yang baru dalam Undang- Undang Gerakan Pramuka yang baru disahkan Dewan Perwakilan Rakyat pada Oktober lalu. “Undang-undang ini hanya memantapkan apa yang sudah ada,” kata Azrul dalam acara sosialisasi undang-undang tersebut di Denpasar, (21/11).

Dia mencontohkan terbukanya gerakan pramuka bagi kelompok di luar sekolah seperti disebut dalam undang-undang yang baru. Saat ini gugus depan dengan basis komunitas atau nonsekolah jumlahnya hanya 10 persen dari total 270 ribu gugus depan, atau sekitar 27 ribu. Adapun jumlah anggota pramuka saat ini diklaim 17 juta orang. “Jadi, gugus depan yang seperti itu memang sudah ada,” kata Azrul.

Tapi Azrul optimistis beleid tersebut bisa mengerek pamor gerakan kepanduan yang saat ini pudar. Setelah adanya undang-undang ini, gugus depan komunitas itu diharapkan bertambah jumlahnya. “Kami mendorong agar di kampung-kampung, di perumahan-perumahan, dibentuk gugus depan,” ujar Azrul.

Tapi, menurut anggota DPR dari Komisi Pemuda dan Olahraga, Wayan Koster, banyak hal baru dalam undang-undang itu, termasuk soal dana gerakan pramuka yang diambil dari anggaran pemerintah, baik dari pusat maupun daerah. Meski tak ikut studi banding rancangan undang-undang itu ke Afrika Selatan dan ke beberapa negara lain, Wayan mengatakan, hasil studi banding sejumlah koleganya bermanfaat untuk menyusun beleid itu. “Saya lihat laporannya, bagus,” ujarnya.

Soal anggaran, Staf Ahli Menteri Pemuda dan Olahraga Amran Razak mengatakan, karena sudah jadi amanat undang-undang, dana pasti mengucur. Posnya, kata dia, disatukan dengan anggaran pendidikan. Dia berjanji Kementerian akan mengawal agar beleid itu dilaksanakan, termasuk soal anggarannya.

Wayan menambahkan, meski sudah ada undang-undangnya, gerakan pramuka tak wajib diikuti siswa. “Tapi siswa berhak menerima pelajaran pramuka,” ujarnya. Kurikulum pramuka, kata dia, dimasukkan dalam kegiatan ekstrakulikurer yang bisa diikuti seluruh siswa.

 

 
Leave a comment

Posted by on April 11, 2011 in Uncategorized

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: